Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Brongkos Kambing Temanggung

Brongkos Kambing Temanggung

Brongkos Kambing Temanggung - Jalan-jalan ke Kabupaten Temanggung tak lengkap rasanya bila tak menikmati berbagai hidangan kuliner yang khas. Hidangan ini pun tidak mudah dijumpai di daerah lain. Sebut brongkos kambing.
Ditunjang dengan udara yang sejuk karena terletak di antara Gunung Sumbing dan Sindoro, sangat cocok apabila menikmati sajian kuliner brongkos kambing yang kaya akan bumbu rempah tersebut.
Photo: koranyogya.com
Untuk penyajian brongkos kambing hampir sama dengan brongkos pada umumnya. Hanya saja, bahan yang digunakan antara lain kikil, tulang, kulit, kepala, hingga otak kambing dengan citarasa cabe merah kering.

Nikmatnya Brongkos Kepala Kambing Mbak Nok Menggoro

“Warung Mbak Nok”, warung ini memang sangat terkenal dengan masakan brongkosnya. Warung ini terletak di Desa Menggoro, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. Disini tersedia olahan brongkos kambing mulai dari kepala, kaki, lidah, dan balungannya. Rasa brongkosnya pun tidak perlu dipertanyakan lagi, karena pelanggan Brongkos ini hingga dari luar kota, ada yang dari Jogja, Semarang, Ngadirejo dan masih banyak lagi. Pada malam Jum’at pahing biasanya warung Mbak Nok ini akan ramai pengunjung dari luar kota, karena setiap malam jum’at pahing terdapat Pasar Tiban, atau masyarakat biasa menyebutnya Pasar Jum’at Pahing.

Warung Mbak Nok ini buka setiap hari dari pagi hingga pukul 19:00 WIB. Harga brongkosnya pun bermacam-macam, setengah kepala kambing dihargai sekitar Rp50.000,00. Satu buah  Lidah Kambing seharga Rp30.000,00 – Rp40.000,00 dan kaki kambing sekitar Rp15.000,00 harga ini tergantung besar kecilnya ukuran. Berbeda dengan brongkos di jogja, jika brongkos jogja menggunakan daging, ditambah tempe serta krecek,  brongkos menggoro ini hanya menggunakan kepala dan kaki kambing saja, sehingga rasanya benar-benar rasa kambing. Ukurannya pun besar –besar sehingga anda bisa makan ramai-ramai disini. “Warung Makan Mbak Nok” ini sudah berdiri sekitar 20 tahunan dan selalu ramai pengunjung.

Selain brongkos warung makan ini juga menyediakan makanan lainnya seperti ayam dan aneka sayur, sehingga untuk anda yang tidak menyukai masakan kambing, anda bisa memesan menu lainnya. Jika anda sedang melewati kota Temanggung, sebaiknya anda mampir ke “warung Makan Mbak Nok” ini, karena brongkosnya pasti tidak akan mengecewakan lidah anda.

Resep Brongkos Kambing

Bahan:
- Kacang tolo 1 ons >> rendam dalam air hingga mengembang
- Tahu kulit 4 buah >> potong-potong dadu
- Buncis kurang lebih 8 batang >> potong-potong 1,5 cm
- Daging kambing ½ kg >> potong-potong kecil

Bumbu:

- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 5 siung
- Kemiri 5 butir
- Ketumbar 2 sdm
- Serai 2 batang >> memarkan
- Daun jeruk 5 lmbr
- Daun salam 4 lmbr
- Kluwak 3 biji
- Lengkuas 1 ruas jari >> memarkan
- Cabai rawit sesuai selera >> nanti dimasukkan utuh
- Santan 1 gelas / 250cc
- Gula merah secukupnya
- Garam secukupnya
- Cara membuat:

Kluwak direndam air panas. Bawang putih, bawang merah, kemiri, dan ketumbar dihaluskan. Kemudian kluwak ikut dihaluskan bersama bumbu-bumbu tadi.

Bumbu halus ditumis hingga harum, tambahkan sereh dan lengkuas yang telah dimemarkan. Masukkan daging dan kacang tolo ke tumisan bumbu, aduk2 hingga rata. Diamkan kurang lebih 5-10 menit.

Masukkan air yang sudah mendidih. Tunggu sampai daging empuk dan bumbu merasuk. Masukkan gula merah dan garam secukupnya.


Kalau daging mulai empuk, masukkan potongan buncis dan cabai rawit utuh. Masukkan juga santan. Masak sampai benar-benar meresap dan matang.

Sumber:
https://jateng.merdeka.com/
https://koranyogya.com/
http://www.kabarkuliner.com/

Post a Comment for "Brongkos Kambing Temanggung"